Metode Penyuluhan
Massa
1.
Pengertian
metode penyuluhan
Metode
penyuluhan merupakan cara penyampaian pesan agar dapat terjadi perubahan
sehingga sasaran tahu, mau dan mampu dalam menerapkan inovasi baru. Ketika
penyuluh telah dapat menetapkan cara untuk menyampaikan pesan diharapkan kaeputusan
tersebut dapat memberikan tingkat efektivitas yang optimalmaksimal untuk
kegiatannya. Untuk mengamati apakah cara untuk menyampaikan suatu pesan itu tersebut
berdaya guna ataukah perlu disempurnakan dapat dilakukan analisis tingkat
efektivitasnya.
Sesuai
dengan pendayagunaan teknik penyuluhan pertanian yaitu terjadinya efek yang
optimal dalam proses komunikasi inovasi. Oleh karena itu keputusan cara penyampaian
pesan yang diambil penyuluh harus dapat ditata dan diolah.
1. Lingkup teknik pendayagunaan
penyuluhan pertanian meliputi :
a. Memilih dan menata simbol,
b. Memilih dan menata isi
pesan,
c.
memilih cara penyamapain pesan baik tunggal maupun kombinasi
2. Lingkup pendayagunaan teknik
penyuluhan pertanian dalam perlakuan terhadap simbol :
a. Memilih bahasa yang tepat
b. Memilih bentuk bahasa
c. Memilih kata-kata yang mudah
dimengerti
d. Mendayagunakan tatabahasa
dan gaya bahasa
e.
Mendayagunakan inovasi dan aksentuasi
3. Lingkup pendayagunaan teknik
penyuluhan pertanian dalam perlakuan terhadap pesan
a. Memilih isi pesan yang
memenuhi persyaratan inovasi yang dianjurkan
b.
Menata isi pesan agar :
Cocok dengan cara penyampaian yang
digunakan
2. Metode penyuluhan massa
Menurut
(Van den Ban dan Hawkins, 1999) Metode pendekatan massal atau mass
approach. Sesuai dengan namanya, metode ini dapat menjangkau
sasaran dengan jumlah yang cukup banyak. Dipandang dari segi penyampaian informasi,
metode ini cukup baik, namun terbatas hanya dapat menimbulkan kesadaran dan
keingintahuan semata. Hal ini disebabkan karena pemberi dan penerima pesan
cenderung mengalami proses selektif saat menggunakan media massa sehingga pesan
yang diampaikan mengalami distorsi.
Metode
massa adalah salah satu metode penyuluhan, yang mana metode yang lain
diantaranya yaitu metode penyuluhan kelompok, metode penyuluhan perorangan dan
metode massa dalam metode ini penyampaian informasi ditujukan kepada masyarakat
yang sifatnya massa atau public.
Oleh karena sasaran bersifat umum dalam arti tidak membedakan golongan umur,
jenis kelamin, pekerjaan, status ekonomi, tingkat pendidikan dan sebagainya,
maka pesan kesehatan yang akan disampaikan harus dirancang sedemikian rupa
sehingga dapat ditangkap oleh massa tersebut.
Pada umumnya bentuk pendekatan masa ini tidak
langsung, Jika penyuluh berkomunikasi secara
tidak langsung atau langsung dengan sejumlah sasaran yang sangat banyak bahkan
mungkin tersebar tempat tinggalnya. Dengan metode ini penyuluh pertanian
tertuju kapada para petani umumnya di kampung-kampung dan di pedesaan-pedesaan,
agar mereka dapat mendengarkan penyuluhan pertanian.
Dipandang dari segi penyampaian
informasi memang metode ini baik, akan tetapi dipandang dari keberhasilan
adalah kurang efektif karena pada dasarnya hanya dapat menimbulkan tahap
kesadaran dan tahap minat pada para petani pendengar penyuluhan, itupun kalau
pendekatannya dapat dilakukan dengan baik, dapat menarik perhatian para petani
kepada suatu hal yang lebih menguntungkan oleh karena itu kita
menggunakan media massa Beberapa
contoh yang Termasuk dalam metode pendekatan massal antara lain adalah
rapat umum, siaran radio, kampanye, pemutaran film, penyebaran leaflet, folder
atau poster, surat kabar, dan lain sebagainya.
Ini
adalah beberapa penjelasan mengenai contoh metode penyuluhan massa yaitu yang
pertama adalah Kampanye merupakan metode dan teknik penyuluh secara massal yang
dilaksanakan dalam periode waktu tertentu, dengan menggunakan berbagai sumber
daya secara terkoordinasi untuk memusatkan perhatian masyarakat (sasaran)
terhadap permasalahan tertentu dan pemecahannya.
Kedua
adalah Pameran merupakan metode dan teknik penyuluhan pertanian secara massal
yang dilakukan dengan jalan mempertunjukkan secara sistematis berbagai
teknologi baru/inovasi pada suatu tempat tertentu.
Metode dan teknik penyuluhan melalui media cetak
digunakan untuk menjangkau jumlah sasaran yang tak terbatas. Media cetak yang
lazim dipakai adalah brosur, leaflet/folder, majalah, dan surat kabar. Brosur
berupa buku yang diperuntukkan para penyuluh, leaflet dan folder ditujukan
kepada sasaran/petani. Surat kabar untuk masyarakat secara luas dan majalah
untuk masyarakat luas yang telah dikelompokkan menjadi sasaran yang lebih
spesifik.
Beragamnya metode
penyuluhan bukan berarti kita harus memilih yang paling baik dari sekian metode
yang ada, tetapi bagaimana metode tersebut cocok atau sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai dalam penyuluhan. Oleh
karena itu kita harus dapat mengetahui
metode mana yang paling efektif dan yang kurang efektif, metode mana yang
memerlukan perlakuan-perlakuan intensif dan mana pula yang kurang intensif.
Penyuluhan yang dilakukan dengan metode pendekatan massal menyampaikan para
petani yang mengikuti atau menyimaknya ke tahap kesadaran akan tetapi belum
memahaminya secara mendalam. Penyuluhan yang dilakukan dengan metode pendekatan
kelompok mulai menarik para petani ke tahapan minat, tahapan menilai atau
mempertimbangkan, bahkan mncobanya pula. Sedangkan penyuluhan yang dilakukan
dengan metode pendekatan perorangan akan menyampaikan petani ke tahap
penerapan, ia mulai menerapkan teknologi baru yang diajarkan atau dikembangkan
penyuluh.
0 komentar: