Kelompok Tani Jaya Teladan

Posted by : aah j-frog :D
Sabtu, 21 September 2013

Tugas
DINAMIKA KELOMPOK
( Kelompok Tani Jaya Teladan )
lu.jpg
Oleh
AAH NUR HERMAN MARUNTA
D1 a1 10 062

JURUSAN AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI

2013

Pendahuluan
Kelompok tani merupakan kelembagaan di tingkat petani yang dibentuk untuk secara langsung mengorganisir para petani dalam berusahatani. Kementrian pertanian mendefinisikan kelompok tani sebagai kumpulan petani/peternak.pekebun yang dibentuk sebagai bentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi, sumberdaya) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota. Kelompok tani dibentuk oleh dan untuk petani, guna mengatasi masalah bersama dalam usahatani serta menguatkan posisi tawar petani, baik dalam pasar produk pertanian.
Menurut Wahyuni (2003; 2) kelompok tani merupakan wadah komunikasi antar petani, serta wadah komunikasi antar petani dengan kelembagaan terkait dalam proses alih teknologi.
1.     Nama kelompok Tani : “Jaya Teladan
2.     Sejarah kelompok Tani :
Kelompok tani Jaya Teladan merupakan salah satu kelompok tani yang berada di wilayah Kecamatan Basala. Tepatnya berada di desa Suka Mulia dan di desa Polewali Kabupaten Konawe Selatan. Sejak berdiri 23 November 1987 terus berkembang dan saat ini jumlah anggota telah mencapai 62 orang  termasuk ke dalam kelas kelompok tani lanjut.
Meningkatnya jumlah petani yang masuk menjadi anggota kelompok tani karena mereka telah melihat kinerja pengurus yang semakin maju, baik dalam kegiatan usahatani, mencari dan menyebarkan informasi kepada anggota, penyaluran saprodi serta pengembangan modalnya. Kemajuan kinerja kelompok tani Jaya Teladan disamping karena kesadaran anggota kelompok tani juga karena dukungan dari Kepala Desa Polewali dan Sukamulia beserta perangkat desa serta peran serta tokoh masyarakat lainnya. Dalam perkembangannya sejalan program Pemerintah dalam peningkatan produksi jagung menuju swasembada, Kelompok tani Jaya Teladan berpartisipasi penuh dalam pelaksanaannya.
Lahan sawah kelompok tani Jaya Teladan adalah tadah hujan sehingga komoditas yang diusahakan pada saat tidak musim hujan adalah Sayur seperti sawi, bayam, kacang panjang dll terutama jagung. Bagi anggota kelompok tani jagung merupakan tanaman untuk makanan pokok kedua setelah beras. Sehingga dalam berbudidaya tanaman jagung berusaha untuk menggunakan teknologi maupun sarana produksi yang unggul. Berbagai macam varietas dicoba untuk dikembangkan, sehingga dapat dipilih varietas yang diinginkan dengan kriteria produksinya tinggi, tahan kekurangan air atau tahan kering, punya nilai jual yang tinggi serta benihnya yang agak murah serta berumur agak pendek kerena untuk mengejar musim.
Sebagai dasar arah perjuangan, Kelompok Tani Jaya Teladan sudah menetapkan Visi dan Misi. Adapun Visi dan Misi tersebut adalah sebagai berikut:
v  Visi dan Misi
1.   Visi
Terwujudnya masyarakat tani yang sejahtera melalui pemanfaatan sumber daya tanaman pangan dan hortikultura yang berdaya saing, adil, demokratis dan berkelanjutan”
2. Misi
v Mengembangkan usaha agribisnis jagung untuk meningkatkan produksi, nilai tambah
v Meningkatkan pemberdayaan kelompoktani menuju kelembagaan yang kuat dan   mandiri
v Meningkatkan ketrampilan budidaya bidang pertanian dan mengembangkan usaha agribisnis
v Meningkatkan kualias kemampuan SDM anggota
v  Mengembangkan komoditas usaha tani secara terpadu (tanaman dan ternak).

3.    Organisasi :
1.     Dasar Pembentukan
Pembentukan kelompok tani Jaya Teladan Desa Sukamulia dan polewali Kecamatan Basala berdasarkan musyawarah yang dihadiri oleh seluruh anggota kelompok tani, Tokoh masyarakat, Kepala Desa dan PPL pada tanggal 23 November 1987. Pada awalnya kelompok tani ini berjalan tersendat-sendat disebabkan karena keterbatasan modal, dan SDM. Pada tanggal 23 November 2005 kelompok tani Jaya Teladan melakukan revitaslisasi dan penggantian pengurus supaya organisasi kelompok tani berjalan lebih baik sampai dengan masa yang akan datang.
2.    Susunan Pengurus
Kelompok tani Jaya Teladan dalam melaksanakan kegiatannya dikelola oleh sebuah kepengurusan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan dibantu oleh beberapa seksi – seksi. 
3.    Keanggotaan
Keanggotaan kelompok tani diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yaitu keanggotaan bersifat sukarela dan anggota merupakan petani penggarap maupun rumah tangga tani. Sejak awal pembentukan kelompok tani Jaya Teladan pada tahun 1987, jumlah anggotanya terus mengalami peningkatan sampai sekarang telah berjumlah 62 orang. 
SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK TANI JAYA TELADAN

KETUA                 I     :  HJ.  YUSUF SUGIYONO
                            II   :   SUTARJI                          
SEKRETARIS      I     :   WINARKO
                           II    :   SURTINI
BENDAHARA      I      :   SURATMI
                           II    :   FATIMA

BIDANG – BIDANG PERTANIAN
1.      Ketua Bidang Tanaman Pangan :
a.  Mahmuddin
b.  Suyanto
2.      Ketua Bidang Perternakan :
a.   Ponari
b.  Bamban
3.      Ketua Bidang Perikanan :
a.   Gito
b.  Komarudin
4.      Ketua Bidang Perkebunan :
a.  Suwarso
b.  Arman
5.      Ketua Bidang Ekonomi dan Pemasaran :
a.    Mu’ari
d.    Bonadi

Nama yang ada diatas adalah anggota pengurus kelompok tani Jaya Teladan adapun dari orang yang saya tidak sebutkan mereka berperan sebagai anggota.

4. Orientasi Kelompok Tani

A, Tujuan pembentukan Kelompok Tani Jaya Teladan
v Meningkatan  jiwa kerjasama antar petani.
v Mem cepat proses difusi penerapan inovasi atau teknologi baru.
v Membantu meningkatkan orientasi pasar, baik yang berkaitan dengan masukan (input) atau produk yang dihasilkannya.
v Membantu efesiensi pembagian air irigasi serta pengawasannya oleh petani sendiri.
v Meningkatkan produktivitas usaha tani melalui pengelolaan usaha tani secara bersamaan.


      



0 komentar:

Copyright © 2012 aah iwooo ( j-frog ) | Another Theme | Designed by Johanes DJ