1. Bagaimana
1. Posisi keuangan -
|
|
2. Penguasaan teknis
|
|
3. Penyediaan bahan baku -
|
|
4. penguasaan teknologi
|
|
5. Penguasaan manajemen
|
|
1. Kemungkinan masa depan
|
|
2. Implikasi Peraturan pemerintah
|
|
3. Persaingan
|
|
4. Pemasaran -
|
|
5. Tingkat
resiko
|
KEsepuluh
aspek ini mempengaruhi usaha anda?
- Tidak cermat
dalam manajemen pemeliharaan yang dapat mengakibatkan kematian tinggi atau
penurunan produktivitas dan kualitas.
- Tidak mampu
dalam mengantisipasi perubahan.
- Sistem pengadaan
pakan tidak memadai, seperti dalam pengangkutan dan penyimpanan pakan.
- Penanganan
kesehatan kurang teratur.
- Memulai usaha
pada saat yang tidak tepat karena tidak adanya upaya memprediksi situasi
yang fluktuatif atau keterbatasan kemampuan dalam strategi investasi.
- Bagi pelaku yang
baru memulai usaha, cederung tidak menguasai teknik peramalan yang cermat
serta kepercayaan berlebihan (over convident).
- Penurunan harga
secara mendadak yang sering terjadi karena produksi yang melimpah dari
wilayah lain.
2. Hambatan/tantangan
yang pernahandatemui?
Hambatan yang ada di perusahaan ini antara
lain masalah Sumber Daya Manusia (SDM) operator kandang. Hal ini menyangkut
masalah kedisiplinan yang dimiliki operator kandang, misalnya kedisiplinan
dalam kebersihan lingkungan kandang yang kadang tidak dilaksanakan sesuai
Program pemeliharaan yang dimiliki. Hambatan utama yang sering menjadi masalah
adalah penyakit yang sangat sulit diprediksi
3. Cara
mengatasihambatan/tantanganitu? Salah
satu pemecahan masalah yang dapat dilakukan adalah Divisi Disease Control memiliki
tugas melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit. Pencegahan penyakit
dilakukan dengan vaksinasi, sedangkan pengendalian dilakukan dengan pengobatan.
Divisi ini memiliki Program kerja yang disusun untuk tiap bulan agar setiap
operator baik operator kandang dapat disiplin.
4. Sesuatu
yang ingin dicapai untuk mengembangkan usaha anda, triknya?
5.
Strategi
pemasaran yang dilakukan yaitu dengan menjalin kerja sama dengan pedagang
pengumpul yang saling menguntungkan. Dalam hal ini, pedagang pengumpul dapat
memperoleh telur dengan mudah dan harga yang lebih murah sedangkan pihak
keuntungan yang diperoleh yaitu adanya kemudahan dalam memasarkan hasil
produksi telurnya. Disamping itu, strategi lain yang dapat dilakukan
adalah dengan mendistribusikan secara langsung ke konsumen, dengan mendatangi
Toko dan Warung makan yang telah berlangganan serta mengantarkan ke komsumen
jika ada yang memesan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan
dan solidaritas diantara kedua belah pihak (Produsen dan Komsumen memasarkan
hasil produksi telurnya dengan media tekhnologi misalnya Emile, Blog, Facebook,
HP dan media lainnya untuk memperluas jaringan pemasaran.
6. Visi misi
umum mengapa anda memilih untuk menjalankan usaha ini?
·
Visi yang ingin dicapai yaitu menjadi
pengusaha yang memiliki martabat dan lebih di kenal oleh masyarakat dalam hal
ini yaitu konsumen, menghasilkan ayam petelur yang berkualitas dan memberikan
pelayanan yang terbaik pada konsumen karena dengan pelayanan yang baik maka
pelanggan akan merasa puas.
·
Misi yaitu menambah populasi ayam
petelur agar produktivitasnya meningkat ,meningkatkan penjualan dengan cara
memperluas pemasaran dan tujuan jangka panjangnya membuka cabang usaha baru
7. Misi khusus
dalam bisnisisi?
·
Misi khusus
1. Posisi
keuangan saat akhir bulan mei Harga telur ayam dari peternak Rp21.600/rak, saat
ini naik menjadi Rp 29.300/rak untuk harga kulakan. Sedangkan harga di tingkat
pedagang eceran sudah mencapai rata-rata sekitar Rp30 ribu hingga Rp31
ribu," kata Mahyuddin.
Mahyuddin mengaku, ketika wabah flu burung mulai muncul lagi di musim pancaroba atau pergantian musim pada akhir Juni lalu, hampir semua peternak ayam dihantui perasaan khawatir bisnisnya akan jatuh. Namun, justru menjelang memasuki bulan Ramadhan ini, harga telur pelan-pelan mulai naik menjadi 31.600/rak. Demikian juga halnya harga ayam potong.
Pantauan harga ayam potong diPasar Sentral Pangkajene sendiri, ditingkat pengecer kenaikan harga ayam pedaging mencapai Rp40.000. Sebelumnya, harga rata-rata berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu.
Mahyuddin mengaku, ketika wabah flu burung mulai muncul lagi di musim pancaroba atau pergantian musim pada akhir Juni lalu, hampir semua peternak ayam dihantui perasaan khawatir bisnisnya akan jatuh. Namun, justru menjelang memasuki bulan Ramadhan ini, harga telur pelan-pelan mulai naik menjadi 31.600/rak. Demikian juga halnya harga ayam potong.
Pantauan harga ayam potong diPasar Sentral Pangkajene sendiri, ditingkat pengecer kenaikan harga ayam pedaging mencapai Rp40.000. Sebelumnya, harga rata-rata berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu.
4.
pemasaran ayam petelur sangat menjanjikan Prospek pasarpun yang sangat baik ini
didukung oleh karakteristik produk yang dapat diterima oleh masyarakat
Indonesia yang sebagian besar muslim, harga relatif murah dengan akses yang
mudah diperoleh karena sudah merupakan barang publik. Telurpun merupakan
pendorong utama penyediaan protein hewani nasional. Dari segi potensi dan
kebutuhan terhadap protein hewani, petelur memiliki prospek yang baik.
3. Bibit ayam Arab petelur Pullet/remaja untuk
saat ini sudah tersedia di Kabupaten Sidrap. Begitu pula untuk pakan dan obat
-obatan yang dibutuhkan , pemesanan dapat dilakukan kapan saja. Hal yang paling
menarik untuk penyediaan obat yaitu adanya keinginan pihak perusahaan SANBE untuk
mengadakan kerja sama dengan CV. HEN ARABIA TURATEA jika terbentuk nanti.
4.
penguasaan teknologi ayam petelur
Posted in :
Tugas Kuliah
0 komentar: